Jokowi Perkenalkan 6 Calon Menteri, Sandiaga Masuk Kabinet

Presiden Jokowi saat memperkenalkan 6 calon menteri, Rabu (22/12/2020).

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memperkenalkan enam calon menteri dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Salah satu yang menarik perhatian adalah munculnya nama Sandiaga Salahudin Uno, mantan nwakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan rival Jokowi pada Pilpres 2019 lalu.

Dengan masuknya nama Sandiaga sebagai calon Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tampaknya menyempurnakan kepiawaian politik Jokowi dalam merangkul lawan politik. Sebab sebelumnya, mantan Capres Prabowo Subianto sudah dilantik sebagai Menteri Pertahanan.

“Saya ingin mengenalkan, tapi kita semuanya saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahudin Uno. Beliau adalah dulu wakil gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI. Dan saat ini, beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Presiden Jokowi.

Pengumuman calon menteri itu disampaikan langsung Presiden melalui laman YouTube Sekretariat Presiden, Selasa sore 22 Desember 2020. Keenam nama calon meteri tersebut adalah:

  1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
  2. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
  4. Yaqut Cholil sebagai Menteri Agama
  5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
  6. M. Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada sore hari ini. Dan pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah esok pagi (Rabu 23 Desember 2020),” tutup Presiden Jokowi.

(JakartaFox.com)