Menko Airlangga: Tanda-tanda Pemulihan Ekonomi Mulai Terlihat

Menko Ekonomi Airlangga Hartarto.

YAKIN PASAR SAHAM PULIH LEBIH CEPAT

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi), Airlangga Hartarto mengakui bahwa tanda-tanda pemulihan ekonomi sudah mulai terlihat. Ketua Umum Partai Golkar ini pun meyakini jika pemulihan sektor pasar saham yang sebelumnya diprediksi berlangsung bertahun-tahun, kini hanya akan butuh waktu 9 bulan.

Dia mengatakan jika pemulihan sektor ekonomi sebagai dampak dari krisis ekonomi akibat Pandemi Covid-19 jauh berbeda dengan krisis yang pernah ada.

“Kalau kita bandingkan dengan krisis 98 itu, butuh 2-3 tahun market untuk kembali. Lalu krisis 2008 lebih dari 3 tahun market (pasar saham) kembali. Tetapi ini (Covid-19) dalam waktu 9 bulan sudah kembali,” kata Airlangga di Jakarta, Selasa (15/12/2020) pekan lalu.

Tanda-tanda pemulihan ekonomi juga sudah terlihat dari tingkat ekspor yang mulai meningkat. Airlangga menuturkan indeks pasar saham saat ini sudah berada di level 6.100.

JP Morgan menargetkan tahun depan bisa meningkat di level 6.800 dengan stabilitas rupiah di level 14.100. “Artinya market ini sudah pre crisis level,” kata dia.

Selain itu, indeks PMI juga sudah di level 50,6 persen. Bahkan Airlangga menyebutkan saat ini para pengusaha kekurangan kontainer. Harganya pun sekarang naik.

Sehingga dia menilai sudah ada geliat ekonomi yang kembali bergerak menuju perbaikan. Untuk itu pemerintah akan memberi dukungan agar tahun depan pertumbuhan ekonomi kembali di angka 4,5 persen sampai 5, 5 persen.

“Nah, tentu ini yang akan kita dorong dan kita berharap di tahun depan pertumbuhan sesuai dengan perkiraan 4,5 persen sampai 5,5 persen,” kata dia mengakhiri.(*)

Lihat artikel asli di Sini