Jokowi Bangga, Dua Ilmuwan Perempuan Indonesia Dapat Pengakuan Dunia

Presiden RI Ir Hi Joko Widodo.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melalui akun instagram miliknya, @jokowi, menyampaikan rasa bangganya terhadap dua perempuan yang merupakan ilmuwan Tanah Air. Lantaran mendapat prestasi dan pengakuan dunia internasional.

Kedua perempuan tersebut adalah Prof. Adi Utarini dan Tri Mumpuni diakui dunia.

Adi Utarini adalah peneliti yang masuk daftar ‘Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020’, dari jurnal sains Nature. Prof Uut begitu dikenal adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 28 Desember 1989.
Dia kini bekerja sebagai dosen di bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat. Kiprahnya memimpin uji coba teknologi yang membantu memberantas demam berdarah, penyakit yang menyerang hingga 400 juta orang di dunia setiap tahun.
“Kabar gembira, tentang prestasi dua ilmuwan Indonesia, Ibu Adi Utarini dan Ibu Tri Mumpuni. Prof. Adi Utarini masuk daftar “Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020″ dari jurnal sains Nature,” tulis Kepala Negara, dikutip Minggu 20 Desember 2020.

“Sementara Tri Mumpuni termasuk 22 Most Influential Muslim Scientists,” lanjutnya.

Tri Mumpuni mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan terpencil melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

“Melalui IBEKA, Ibu Tri membangun setidaknya 65 PLTMH di desa-desa di berbagai pelosok Nusantara,” kata Jokowi.

Tri Mumpuni, juga berkontribusi ‘menerangi’ daerah-daerah terpencil. Lewat penelitiannya dan pengembangan yang dibuat, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebagai sumber energi bagi wilayah yang belum terjangkau oleh PLN.

Ia bahkan sempat dijuluki ‘Wanita Listrik’, sebelum dinobatkan perempuan muslim berpengaruh di dunia, tahun ini. Kedua foto perempuan berhijab itu pun dipampang oleh Jokowi lewat akun twiter dan instagram resmi miliknya. (viva.co.id)

Lihat Artikel Asli di Sini