Klarifikasi Harga Vaksin COVID-19, Kemenkes: Belum Ditetapkan

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Bio Farma.

JAKARTA – Kedatangan vaksin dan rencana vaksinasi COVID-19 telah menarik perhatian masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, berita soal berapa harga vaksin-vaksin tersebut pun marak bermunculan, dan menimbulkan sejumlah argumen di masyarakat.

Juru bicara pemerintah sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi, memberikan klarifikasi mengenai maraknya pemberitaan soal harga vaksin tersebut.

“Pemerintah belum menetapkan harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan. Masyarakat diimbau tunggu informasi resmi pemerintah,” kata Siti dalam keterangan tertulisnya, Minggu 13 Desember 2020.
Siti menjelaskan, pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860/2020 telah menetapkan enam jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia.

Keenam jenis vaksin tersebut yakni vaksin produksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac.

Meski demikian, Siti menegaskan bahwa kehadiran vaksin dan penggunaannya dalam program vaksinasi di Indonesia, masih dinamis dan harus mengikuti proses pengadaan serta izin penggunaannya.

Terkait belum ditetapkannya harga vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia, Siti menegaskan bahwa berbagai informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan.

“Dan kami imbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait vaksin dan vaksinasi COVID-19. Informasi resmi akan dapat diakses di situs kemkes.go.id dan covid-19.go.id,” ujarnya.
(viva.co.id)