Weather United States Of America, Redmond United States Of America, Redmond +21°C

jakartafox.com

News

Situs Pengecekan DPT KPU Belum Maksimal

Situs Pengecekan DPT KPU Belum Maksimal
October 06
19:21 2013
Masih banyak pemilih di situs http://data.kpu.go.id/dpshp.php ini yang belum diinput.(foto:JAKARTAfox)

Masih banyak pemilih di situs http://data.kpu.go.id/dpshp.php ini yang belum diinput.(foto:JAKARTAfox)

JAKARTAfox – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis website alias situs berisi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2014. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat serta berbagai pihak yang berkepentingan mengakses data pemilih. Sayangnya, situs KPU tersebut terkesan masih belum maksimal.

Hal itu terungkap dari pengecekan langsung JAKARTAfox,  di mana masih banyak warga wajib pilih yang tak terdaftar karena setelah dicek di situs yang disarankan KPU, ternyata nama mereka belum terinput. Kondisi ini masih bisa dimaklumi bila terjadi pada pemilih di pedalaman. Namun yang terjadi adalah warga yang tinggal di perkotaan, sekelas Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

“Saya sudah mengecek nama saya di situs yang disarankan KPU, sudah memasukkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tapi belum muncul juga. Padahal saya sendiri jelas sudah masuk dalam DPT, apalagi di baru beberapa bulan lalu saya ikut menyalurkan suara di Pemilu di Kotamobagu,” ungkap seorang warga Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Pernyataan warga itu memang mengandung kebenaran.  Sebab setelah dicek di http://data.kpu.go.id/dpshp.php, namanya tak juga muncul. Yang ada hanya respons dari mesin penjawab dalam situs KPU berbunyi “ Data yang Anda cari tidak ditemukan. Mohon cek di Kelurahan Anda dengan menggunakan fasilitas Pilih Wilayah di sebelah kanan, jika data sudah masuk tapi data Anda tidak ada maka kunjungi petugas PPS Anda di Kelurahan untuk mendaftarkan diri.”

Diketahui sebelumnya,  di beberapa media massa nasional, Komisioner KPU Hadar Navis Gumay menyampaikan bahwa melalui situs online yang dirilis KPU, masyarakat dan semua pihak yang berkepentingan dapat melihat nama mereka apabila sudah terdaftar dalam DPT. Navis Gumay mengimbau masyarakat untuk dapat berperan aktif, khususnya bagi mereka yang masuk dalam pemilih ganda. Supaya dapat mengklik di lokasi mana sebenarnya ia memilih.(sss)

Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *